Tunggalan Pilihan: Juni 2022

30 Juli

Rosie Thorne — "You're My Future"; Marci — "Terminal"; WILLOW — " it's my fault"; Cryalot — "Hell Is Here"; Soft and Dumb — "never wanna"; High. — "Dead"; Rekah — "TERANG DILARANG MASUK"
Tunggalan Pilihan: Juni 2022
Sampul oleh Ikrar Waskitarana
Baik hanya dimaksudkan sebagai sebuah lagu lepas maupun sebagai materi pendukung dari sebuah koleksi rekaman, mungkin saja terdapat begitu banyak tunggalan yang dirilis dalam rentang waktu satu bulan. Oleh karena itu, melalui senarai ini redaksi suaka suara berusaha menyuguhkan beberapa tunggalan yang ingin disorot sebagai bahan rujukan untuk menemukan musik baru.

Berikut adalah senarai tunggalan yang dirilis sepanjang Juni 2022 pilihan redaksi suaka suara.




1. Rosie Thorne — "You're My Future"

Rosie Thorne — "You're My Future" Punk sih punk, tapi ketika jatuh cinta nyatanya bakal picisan juga. Tunggalan anyar dari proyek sampingan Marisa Dabice dan Max Steen ini adalah buktinya. Sudah begitu, alih-alih garang ala Mannequin Pussy, lirik yang kelewat sederhana tersebut disajikan dalam kemasan pop alternatif, hingga makin terdengar klise. Namun, jika ini adalah cara untuk secara lebih ramah menggaungkan pesan yang sama—bahwa cinta tak perlu pandang bulu—rasanya mereka akan berhasil.



2. Marci — "Terminal"

Marci — "Terminal" Benar, musik memang ajaib. Meskipun hanya dapat ditangkap melalui indra pendengaran, musik mampu mempengaruhi alam pikir dan suasana hati. Bagi Marta Cikojevic, pesona tersebut begitu memikat, sampai-sampai ia memutuskan untuk membuat musik tentang … musik. Mengambil rute yang berbeda dari orkes roknya, irama disko dipilih oleh kibordis TOPS ini sebagai pengiring narasinya.



3. WILLOW — "<maybe> it's my fault"

WILLOW — "<maybe> it's my fault" Kala menonton Sicario, sosok Kate Macer membuat saya seolah melihat cerminan diri. Mungkin Willow Smith mengalami hal yang serupa. Bukan, tentunya bukan sebagai agen FBI yang ambisius menghapuskan peredaran narkoba, tetapi sebagai orang dungu yang sering tanpa sengaja menanam bibit luka untuk dirinya sendiri. Memang, Alejandro adalah seseorang yang berengsek, tapi coba pikir lagi siapa yang memilih untuk melibatkan diri dalam benang kusut tersebut.



4. Cryalot — "Hell Is Here"

Cryalot — "Hell Is Here" Kata siapa neraka hanya ada di akhirat? Di dunia juga ada, kok. Kalau tak percaya, coba saja minta kesaksian Sarah Midori Perry.

Meskipun sama anehnya, jika Kero Kero Bonito dapat disebut eksentrik, proyek sampingan Sarah ini lebih pantas disebut angker. Mengembangkan formula dasar yang telah sukses diterapkannya bersama Gus Lobban dan Jamie Bulled, Sarah kini menggandeng Jennifer Walton guna menambahkan potongan-potongan trap-metal.



5. Soft and Dumb — "never wanna"

Soft and Dumb — "never wanna" Jika tengah merasa cemas, pertanda apa saja yang akan muncul pada diri Anda? Keringat yang deras mengaliri pelipis? Jantung yang berdentum memacu? Jari-jemari yang seketika jadi pusat gempa mini? Cemas nyatanya memang mampu menampakkan dirinya dalam bentuk yang beragam. Khusus untuk Elena Buenrostro, pertanda yang muncul adalah rasa mual. Bersama Travis Newgren, salah satu pengalamannya lantas disajikan secara dramatis dalam tunggalan perdana Soft and Dumb.



6. High. — "Dead"

High. — "Dead" Buat apa sih ingin buru-buru meninggal? Apakah setelah meninggal yang dirasakan sudah pasti adalah kebahagiaan? Belum tentu. Bagaimana jika malah berakhir masuk ke neraka yang justru berganti menjadi harfiah? Christian sepertinya pening memikirkan hal tersebut seorang diri. Oleh sebab itu, bersama Bridget, Jack, dan Danny, Christian kini mengundang kita semua untuk turut urun pikir.



7. Rekah — "TERANG DILARANG MASUK"

Rekah — "TERANG DILARANG MASUK" Ribuan ikhtiar untuk mendapatkan pengobatan tidak berakhir sukses? Tak apa. Ratusan doa tidak diijabah oleh Yang Maha Kuasa? Tak apa. Hidup merana hanya untuk menunggu kiamat? Tak apa. Meskipun banyak menuntut, Rekah nyatanya bukan sekumpulan anak manja. Buktinya, saat sadar bahwa tak semua cita-cita mereka dapat terwujud, orkes punk ini masih mau berusaha untuk legawa.

Baca Pula

0 comments