Daftar Putar: Bala Galaba

09 Oktober

Daftar putar Hari Kesehatan Jiwa 2020 berisi rangkuman lagu yang bersinggungan dengan depresi.
Daftar Putar: Bala Galaba

Halo, perkenalkan, nama saya Sedih. Saya adalah salah satu perasaan yang ada dalam tiap insan di dunia. Tanpa kamu sadari, saya dapat hadir dengan cara dan waktu yang tak terduga. Pun, sering kali membuatmu tak nyaman. Namun, merasa sedih itu juga penting loh! Kamu tak perlu mengabaikan perasaan sedih, lelah, kepayahan dan perasaan tidak nyaman lainnya. Keluarkan saja isak tangismu, jika itu dapat membantumu merasa lebih lega. Sebab, tak ada yang salah dengan rasa sedih.

Apakah akhir-akhir ini kamu merasakan kehadiran saya? Penting untuk memastikan perasaanmu saat ini. Setelahnya, kamu dapat melepaskannya dengan beragam cara, seperti menulis buku harian, bercerita kepada kawan, berolahraga hingga berolah rasa dengan mendengarkan musik. Jangan biarkan saya terlalu lama hadir. Sebab, jika dipendam terlalu lama, kehadiran saya mungkin saja akan digantikan oleh Depresi.

Kedatangan depresi perlu diwaspadai, sebab dapat mengganggu aktivitas keseharianmu. Jika ia muncul, kamu membutuhkan pertolongan dari profesional untuk menanganinya. Rasa sedih memang menjadi salah satu gejalanya, tetapi muncul dalam takaran yang eksesif. Bukan hanya itu, rendahnya energi, hilangnya nafsu makan, hingga berkurangnya minat terhadap hal-hal yang dulu digemari pun merupakan gejala lain yang mungkin timbul.

Depresi seharusnya bukanlah sebuah gangguan yang patut dianggap asing di negeri ini. Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dr Eka Viora, SpKJ, jumlah pengidap depresi di Indonesia mencapai sekitar 15,6 juta. Namun, penyakit ini, pun gangguan jiwa lainnya, belum dapat sepenuhnya diterima secara terbuka oleh masyarakat. Depresi bahkan kerap dinilai sebagai aib maupun cacat dari diri seseorang. Stigma tersebut lantas diduga menjadi penghalang bagi sang penderita dalam memulihkan diri.

Untungnya, dalam beberapa waktu ke belakang, aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai permasalahan ini mulai meningkat. Hal ini ditandai dengan bermunculannya berbagai medium yang mulai memberikan suara mereka terhadap isu ini. Beberapa di antaranya merupakan komunitas, tokoh, hingga musisi. Yang terakhir, selain berusaha untuk menghadirkan ruang yang lebih terbuka dalam membahas masalah kesehatan mental, rupanya turut menemani beberapa pendengar mereka dalam proses untuk merasa lebih baik, loh!

Maka, sesuai dengan dampak yang ingin diamplifikasi dan berlandaskan niatan yang sama, bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Jiwa, suaka suara merangkum lagu-lagu yang bersinggungan dengan depresi—yang dapat pula digunakan.sebagai teman dalam masa-masa sulit—ke dalam daftar putar yang mereka beri nama Bala Galaba.

Harapannya, daftar putar tersebut dapat menjadi pertolongan pertama pada perasaanmu. Kembali saya ingatkan, jika kamu sudah merasa tak nyaman dengan rasa sedih yang berlebih, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan profesional. Saat ini, banyak fasilitas kesehatan mental yang mudah diakses dan akan membantu memahami permasalahanmu. Mereka mengerti, karena kamu berarti. 




Surat dari Sedih

Ditulis oleh suaka suara dan Welas Asih.








Welas Asih Healing and Development Center merupakan penyedia jasa layanan psikologi yang berpusat di Semarang. Selain layanan luring, layanan konseling daring pun disediakan bagi mereka yang terkendala dengan jarak. 

Welas Asih dapat dihubungi melalui tautan berikut.

Kamu Mungkin Suka

0 comments