Daftar Putar: Yuda Muda

13 Agustus

Daftar Putar: Yuda Muda

Tentu tanpa melupakan tanggung jawab yang harus diemban, menjadi merdeka sejajar artinya dengan merasa bebas. Namun, senarai berikut memberikan pertanda bahwa hal tersebut belum sepenuhnya dapat dinikmati: kebebasan berpendapat dinilai sedang berada dalam masa suram oleh kolom berikut; acapkali dipersulitnya ibadah pemeluk agama yang bukan mayoritas menggugah Gde Dwitya untuk menelusuri akar permasalahannya; bahkan, pemenuhan HAM secara umum pun dinilai merosot.

Walaupun proklamasi telah digaungkan berpuluh-puluh tahun lalu, guna mencapai kemerdekaan yang sepenuhnya, nyatanya perjuangan masih perlu dilakukan. Turut serta secara langsung dalam sebuah aksi merupakan cara yang cukup ampuh dalam melakukannya, namun bukan berarti menyuarakan pandangan merupakan sebuah bentuk dukungan yang remeh.

Menggunakan cara yang disebutkan terakhir, beberapa musisi memilih untuk menyampaikan rasa gusar—hingga mungkin geram—terhadap beberapa persoalan yang tengah dan pernah terjadi melalui karya mereka. Tak hanya turut mengetahui persoalan-persoalan tersebut, beberapa pendengar mereka pun pada akhirnya tergugah dan menjadi lebih peka terhadap keadaan sosial-politik kiwari.

Berusaha merangkum lagu yang kami nilai mampu memberikan dampak tersebut ke dalam sebuah daftar putar, berkenaan dengan perayaan hari kemerdekaan pada tahun 2020, kami menyajikan Yuda Muda.

Baca Pula

0 comments