Kaveh Kanes - Loanwords(Ulasan)

17 November

Sebuah album yang matang pada waktunya.
Apa yang bisa dilakukan oleh band yang para personilnya terpisahkan oleh jarak ratusan kilometer? Ya, sebuah album penuh yang dibuat dengan perjuangan selama hampir dua tahun, karena ketiga personilnya terpaksa menempuh badai di antara Jakarta-Cirebon-Jogjakarta untuk melahirkan album kedua Kaveh Kanes yang diberi nama Loanwords ini.

Gambar 1. Kover Loanwords (Doc. Anoa Records)


Dalam penggarapan album ini mereka menggandeng Anoa Records untuk menjadi mitra setelah sebelumnya di album Capital yang dirilis tahun 2015 mereka masih bernaung di bawah bendera Kolibri Records.

Loanwords dibuka dari “Birds of Paradise” dengan melodi sangat meyakinkan untuk membuka album yang renyah ini, dilanjut dengan single pertama “The Fountain” dan berturut-turut tujuh lagu lainnya hingga akhir. Nyaris tidak ada perbedaan yang mencolok diantara semua lagu sehingga album ini memang harus didengar dari track pertama hingga terakhir dalam sekali putar.


Gambar 2. Personil Kaveh Kanes era Loanwords (Doc. Kaveh Kanes di twitter) 

  
Saya merasa album ini adalah sebuah kesatuan utuh dengan karakter dan tone tiap lagu yang mirip. Dibandingkan dengan album pertamanya Capital, Loanwords adalah sebuah unit kesatuan yang matang pada waktunya, dengan membuai narasi cinta dan keluarga pada liriknya. Kematangan band yang dibentuk tahun 2011 di Yogyakarta ini memang tak perlu diragukan lagi. Loanwords memberi kehangatan yang membalut lagu-lagu mereka yang dreamy. Disini karakter vokal Asad lebih tedas dibanding album Capital yang lebih mendem. Rasa lagu-lagunya pun masih berasa The Milo-esque, jika Anda dulu merupakan generasi lawas era 2000-an yang masih suka mendengarkan The Milo di radio atau di kaset yang dibeli di Kota Kembang.

Album ini cocok didengarkan saat mengawali aktivitas di pagi hari, ketika baru sampai di kantor, ruangan masih lengang, dan pikiran masih kosong entah mau mengerjakan apa; album ini cocok untuk mengingatkan tentang apa tujuan kita sedari awal. Loanwords memberi sejenak simpul-simpul ketenangan dalam diri kita sebelum kembali menghirup buih keruhnya kehidupan.  

Simak video lirik untuk single “The Fountain” di bawah ini.
     

Baca Pula

0 comments