Christabel Annora - "Matamu" (Video)


Beberapa bulan lalu, Christabel Annora merilis video musik untuk tunggalan instrumental terbarunya yang berjudul "Matamu". Dalam penggarapannya, Melati Noer Fajri yang dipercaya menempati kursi sutradara diberikan kuasa sebesar-besarnya guna memberikan interpretasi visual terhadap "Matamu".

Memanfaatkan kesempatan tersebut, Melati membuat video musik "Matamu" menjadi sebuah kumpulan penggambaran filosofis dengan sentuhan kehidupan realita sosial dan spiritualitas manusia. “Matamu adalah interpretasi personal manusia dengan imaji dan mimpinya, serta hal-hal yang berputar diluar diri setiap manusia,” terang Melati. Dari penafsiran tersebutlah Melati memilih untuk menampilkan berbagai cuplikan repetitif guna menimbulkan pemaknaan bahwa beberapa hal yang seringkali dilihat sebenarnya mengandung makna tersirat yang kerap terabaikan.

Christabel Annora - Matamu (Video)
Gambar 1. Cuplikan "Matamu"

Proses pengambilan gambar untuk video musik ini dilakukan di dua tempat, yakni Yogyakarta dan Ranupane. Melati mengungkapkan bahwa kedua tempat itu dipilih bukan hanya karena memiliki lanskap yang indah, melainkan juga karena mengandung makna filosofi tertentu. “Semua ini simbolik yang tidak sekadar diambil karena cantik. Danau ada representasi manusia dalam hal ini air, sedangkan kabut diatasnya adalah mimpi yang berjalan sunyi,” terang Melati. Metafora tersebut kemudian berusaha dihidupkan melalui hiruk-pikuk pasar, hubungan antara manusia dan tanah, serta beberapa penggambaran lain.