ASDFGHJKL: Psychedelic Pop a la Dial H

23 November


Gambar 1. Cover EP ASDFGHJKL

Dial H, musisi psychedelic pop asal Jakarta, meluncurkan sebuah EP yang diberi nama ASDFGHJKL. Nama tersebut terdengar tak serius dan mengundang tawa, namun sebenarnya dipilih karena menggambarkan isi di dalamnya; "ASDFGHJKL" adalah sebuah ekspresi bilamana tidak ditemukan sebuah kata yang dapat dengan tepat menggambarkan suatu perasaan. Dalam EP ini, ASDFGHJKL adalah ekspresi yang digunakan ketika beliau sedang diterpa berbagai masalah kehidupan.

Gambar 2. Dial H

EP ASDFGHJKL berisikan 4 buah track: “Never Ending Road (Intro)”, “Today Is Not His Day”, “Mr. Silly”, dan “It Just Never Feel So Right”. Semua track dalam EP ini dibawakan dalam genre psychedelic pop dengan estetika bedroom pop yang terinspirasi oleh Banes World, Temporex, dan Cuco. Estetika bedroom pop tersebut, tidak hanya diterapkan dalam musik yang dibawakan, namun juga diterapkan dalam cara kerja produksi EP ini.

Bermodalkan gitar, MIDI, dan laptop, ASDFGHJKL diakui Dial H diproduksi secara DIY dalam ruang kamarnya. Produksi secara DIY tersebut dilakukan meliputi keseluruhan proses rekam-mixing-mastering yang dilakukan dengan hanya mengandalkan bantuan teman dan Youtube. Walaupun begitu, nyatanya Dial H dapat memberikan sebuah hasil yang cukup mumpuni. Musik psychedelic pop penuh synthesizer dan gema yang diusung dalam EP ini mampu membuat kita terbawa ke awang-awang, pun cukup chill untuk dinikmati di saat petang.

・・・

Sila simak EP ASDFGHJKL di bawah.

Baca Pula

0 comments