Playlist: Tirai Tikai


Playlist: Tirai Tikai

Bergelut dengan masalah kesehatan mental bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan pemulihan dari penyakit yang menyerang jiwa ini cenderung memakan waktu yang tidak sebentar, bahkan setelah berhasil mendapatkan akses terhadap pengobatan yang dibutuhkan.

Selama masa pemulihan tersebut, perjuangan para penderita sebenarnya dapat terasa lebih mudah jika turut didukung oleh orang di sekitar mereka. Namun sayang, mencoba terbuka akan gangguan yang tengah mereka alami terkadang justru membawa dampak yang buruk, sebab orang di sekitar para penderita terkadang tak sengaja semakin menjatuhkan mereka alih-alih setidaknya berusaha memahami kondisi mereka. Hal ini akhirnya menjadi momok bagi para penderita, sehingga beberapa dari mereka memilih untuk menerapkan semacam pembatas yang dapat menghalangi peperangan dalam kepala mereka tampak dari luar.

Oleh karena itu, guna merespon isu tersebut serta turut memperingati hari kesehatan mental dunia yang akan jatuh pada tanggal 10 Oktober, redaksi suaka suara menyusun sebuah daftar putar yang terdiri dari dua bagian dengan dua maksud berbeda. Bagian pertama dari daftar putar ini memuat beberapa lagu yang ditujukan sebagai gambaran atas isi kepala para penderita masalah kesehatan mental dan dimaksudkan untuk meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap isu ini, sedangkan bagian kedua dari daftar putar ini memuat beberapa lagu yang ditujukan sebagai pereda atas gangguan yang tengah dialami para penderita dan dimaksudkan untuk mengajak mereka berjuang bersama sehingga dapat kembali pulih.

Berikut adalah daftar putar tersebut.