Semangat Juang Dekat dalam "Friends"


Dekat merilis video musik untuk single “Friends” pada 22 Februari lalu, menyusul video musik untuk “John Cena” yang dirilis pada bulan sebelumnya. Dalam pengerjaan video musik untuk “Friends”, Dekat bekerjasama dengan Alvin Rizkyadi dan Karina Aretha (Maika Collective) yang sama-sama berperan sebagai pengarah visual serta Angelina Verschueren yang berperan sebagai projection & motion graphic designer.

Dekat - Friends
Gambar 1. Dekat - Friends

Lirik dari “Friends” bercerita tentang perjuangan tiga orang teman lama dalam menggapai mimpi mereka yang tak kunjung jadi nyata. Namun, alih-alih menggunakan penggambaran dalam bentuk narasi, penyampaian pesan dari single ini disampaikan secara implisit melalui paduan video dan desain grafis. Salah satu cara penggambaran secara implisit tersebut terlihat saat Chevrina, personel yang paling gelisah memikirkan masa depan Dekat, bergerak dalam kecepatan yang berbeda jika dibandingkan dengan Kamga dan Tata walaupun ketiganya duduk di atas sofa yang sama—menggambarkan bagaimana campur aduknya pemikiran mereka bertiga saat sedang berjalan bersama.
“Friends” merupakan single keempat dari album penuh mereka yang berjudul Numbers. Album yang rilisan fisiknya didanai secara crowdfunding ini dikerjakan oleh mereka bertiga dan diproduseri oleh Kamga sendiri. Dalam album ini, mereka semakin matang membawakan musik pop alternatif yang terdiri dari campuran pop, elektronik, dan sedikit reggaeton.

・・・

Dekat merupakan trio yang terdiri dari Chevrina, Kamga, dan “Tata” Tahir. Ketiganya sudah saling mengenal satu sama lain selama kurang lebih 12 tahun dan telah menelurkan dua buah EP bertajuk Lahir Kembali dan Meranggas serta satu buah album penuh bertajuk Numbers sebagai Dekat.

Surel: musikdekat@gmail.com
Twitter: musikdekat
Youtube: youtube.com/musikdekat
Instagram: musikdekat
Soundcloud: soundcloud.com/musikdekat