Tunggalan Pilihan: Februari 2020


Tunggalan Pilihan: Februari 2020

Sebagai pendukung untuk rilisan berupa album, EP, maupun mini album, beberapa lagu biasanya dilepas secara terpisah dan disebut sebagai tunggalan (single). Namun, tak jarang pula, sebuah tunggalan memang hanya dimaksudkan untuk menjadi sebuah lagu lepas yang tak akan dimuat dalam koleksi apapun. Hal ini pun wajar adanya, sebab melepas sebuah tunggalan memakan waktu, tenaga, dan biaya yang relatif lebih sedikit dibandingkan saat harus merilis sebuah koleksi.

Karena kemudahan tersebut, dalam kurun waktu satu bulan saja mungkin terlalu banyak tunggalan yang tersedia untuk didengarkan. Saking banyaknya, mungkin saja meluangkan waktu untuk memilih beberapa tunggalan yang menarik sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, melalui rubrik ini kami bermaksud untuk merangkum beberapa tunggalan menarik yang dirilis dalam kurun waktu satu bulan dengan harapan juga akan turut Anda sukai.

Berikut adalah senarai tunggalan yang dirilis sepanjang Februari 2020 pilihan redaksi suaka suara.


1. Steffani BPM – About That Night

Sebuah percakapan yang berlangsung dengan begitu intim mampu menimbulkan keinginan untuk menghabiskan seluruh waktu yang dimiliki bersama. Dimuatnya potongan dialog dari Before Sunrise yang bertema sama selanjutnya membuat kisah dalam tunggalan kedua solois asal Malang ini semakin kuat. Namun, tak lagi dibalut oleh musik bergaya R&B layaknya “Almost”, dalam “About That Night” Steffani memilih untuk melantunkan kisah yang ingin ia sampaikan dalam balutan musik bergaya elektronika lembut.

2. Lunadira – Crazy Dizzy

Serupa dengan langkah yang dilakukan oleh Steffani BPM, solois asal Malaysia ini pun melepas sebuah tunggalan yang menyusul “ur cute but boring” dalam selang waktu setahun setelahnya. Menariknya, dalam tunggalan anyarnya ini, Lunadira menghadirkan nuansa dewasa dan muram yang cukup berbeda dari tunggalan-tunggalan yang telah ia lepas sebelumnya.


3. Billie Eilish – No Time To Die

Solois yang memperoleh banyak piala dalam ajang penghargaan Grammy tahun 2020 ini merasa gembira ketika mengetahui dirinya diminta sebagai penyanyi dari lagu tema film yang akan dirilis pada awal April mendatang ini. Walaupun kemudian tetap mengajak Finneas menjadi tim produksinya, nyatanya lagu tema yang dihasilkan mampu tetap memberikan gaya suara yang tepat bagi franchise James Bond.


4. Danilla – Batas

Tak hanya Billie Eilish, Danilla pun diminta untuk menciptakan lagu tema bagi sebuah film. Selain kemudian mampu menceritakan penyebab utama dari bermulanya serangkaian peristiwa gaib dalam film tersebut, Danilla dan Lafa Pratomo yang kali ini turut dibantu oleh Hasief Ardiansyah juga mampu merengkuh unsur etnis yang menyelimuti kisah tersebut dalam olahan musik dan vokal yang dihasilkan.


5. Jordana, MELVV – Crunch

Setelah menambahkan beberapa nomor baru dan kembali melewatkannya ke dalam proses mastering, gadis asal Maryland yang kini menetap di Kansas ini akan merilis versi baru dari album perdananya yang berjudul Classical Notions of Happiness. “Crunch”, yang cukup menarik berkat penggunaan ketukan ganjil di dalamnya, merupakan salah satu nomor baru dari album yang akan dilepas akhir bulan Maret tersebut.


6. .Feast – Luar Jaringan

Selepas membiarkan para Kelelawar menyusun potongan-potongan sample tunggalan ini menjadi  sebuah komposisi utuh versi mereka masing-masing, kuintet sospol fenomenal ini akhirnya melepas bentuk sebenarnya dari “Luar Jaringan”. Menariknya, dalam tunggalan yang nampaknya dilantunkan oleh kubu yang berseberangan dengan masyarakat dalam “Dalam Hitungan” ini, submisi-submisi yang masuk seakan-akan ditunjukkan sebagai salah satu gambaran nyata dari hasrat seseorang untuk menjadi figur dengan derajat yang paling tinggi.

7. Fuzzy, I – Holy Scent

Unit eksperimental yang gemar bereksplorasi ini kembali melepas sebuah tunggalan yang cukup sulit dikategorikan ke dalam gaya musik tertentu. Tunggalan yang dimaksudkan menjadi gambaran atas saat-saat terperangkapnya penderita krisis identitas dalam pikirannya sendiri ini merupakan tahap ketiga dari rangkaian Ions yang menyusul “Nozzle” dan “Neue Balans”.