Rilisan yang Patut Dilirik: September 2019


Rilisan yang Patut Dilirik: September 2019

Di penghujung Oktober, kami memilih album, album mini, dan EP yang dirilis pada September dan kami sukai. Rilisan-rilisan tersebut kemudian kami kumpulkan menjadi satu ke dalam daftar yang mungkin dapat Anda gunakan sebagai rekomendasi di kala ingin menemukan musik-musik baru untuk didengarkan.

Berikut adalah daftar rilisan album, album mini, dan EP yang dirilis pada September 2019 dan menarik perhatian redaksi suaka suara.

1. Danilla – Fingers EP

Dalam salah satu episode Ngobam, wanita yang lebih suka disebut sebagai pembawa pesan ini mengaku memiliki ketertarikan khusus terhadap jari-jemari. Namun, pemilihan konsep EP ini tak lantas secara sederhana hanya didasarkan pada ketertarikannya tersebut semata, melainkan memang dipikirkan dengan cukup matang. Bagaimana tidak? Masing-masing nomor memuat tema yang bersesuaian dengan jari yang dipilih sebagai judul, begitu pula dengan durasinya.

Tak hanya penggunaan konsep secara kuat, penanganan produksi secara tunggal oleh Danilla juga merupakan sebuah hal yang baru, sebab Lafa hanya terlibat secara minim dalam beberapa proses lain. Sayangnya, hasil produksi yang dilakukannya secara tunggal ini akhirnya membuat keseluruhan EP ini terkesan sedikit monoton walaupun juga padu.



2. JPEGMAFIA – All My Heroes Are Cornballs

Album ketiga dari rapper yang juga kerap disapa Peggy ini merupakan kekacauan yang ditata dengan cukup baik. Sepanjang album JPEGMAFIA kerap kali melakukan manuver tak terduga melalui musiknya, namun justru kejutan-kejutan tersebutlah yang menjadi poin menarik dari All My Heroes Are Cornballs. Dalam tatanan sample yang unik tersebut, dilancarkanlah baris-baris kata dari JPEGMAFIA. Bahkan, tak hanya diutarakan dalam bentuk rap, JPEGMAFIA juga secara tepat dapat menyisipkan senandung vokal yang cukup melodik melalui penggunaan Auto-Tune.



3. Post Malone - Hollywood's Bleeding

Setelah Beerbongs & Bentleys yang meraih kesuksesan komersial pada tahun lalu, menjelang akhir 2019 Post kembali menggebrak dengan album barunya yang berjudul Hollywood's Bleeding. Seperti halnya yang dilakukan dalam album sebelumnya, musisi kelahiran New York ini kembali menunjukkan keluwesan dan konsistensinya menyilangkan musik hiphop dan alternatif. Beberapa hook renyah yang memadukan berbagai macam genre juga masih dapat ditampakkan dalam Hollywood's Bleeding. “Wow”, “Circles”, dan superhit “Sunflower” yang terdengar khas Post Malone merupakan sedikit di antaranya. Album ini nampaknya kembali mengukuhkan keberadaannya sebagai salah satu bintang pop dengan musik yang mudah diterima banyak orang.