Kisah "Blueberry Man" dari Dried Cassava


Setelah cukup lama vakum, band asal Jakarta bernama Dried Cassava akhirnya merilis single terbaru berjudul “Blueberry Man” pada tanggal 26 April 2019 lalu. Single ini ditulis oleh Baskoro Adhi Juwono (vokal) dengan bantuan John Paul Patton dan diproduseri oleh Dried Cassava sendiri. 

Dried Cassava
Gambar 1. Dried Cassava

Sesuai dengan judulnya, single ini bercerita tentang Blueberry Man, seorang komponis yang berambisi untuk menandingi karya besar maestro-maestro pendahulunya. Walaupun begitu, mimpinya untuk dapat membuat karya orisinil yang paling hebat sepanjang sejarah harus kandas saat menemukan bahwa keindahan nada dan syair seakan telah habis tak tersisa.

Artwork Blueberry Man
Gambar 2. Artwork Blueberry Man

Ego besar tersebut akhirnya runtuh saat Blueberry Man mendapatkan pencerahan bahwa penciptaan lagu bukan melulu tentang kompetisi originalitas belaka, melainkan perpaduan dari impresi mendalam, tatanan nada, dan rasa. Tak ada yang sepenuhnya baru karena semua adalah bagian dari catatan sejarah. Selayaknya buah, tiap lagu pada akhirnya akan selalu memiliki rasa berbeda yang menjadikan masing-masing darinya unik. Mengetahui hal-hal tersebut membuatnya lega setelah menyadari bahwa ia telah memainkan perannya dalam mewarnai kehidupan manusia.