Mengkritisi Situasi ala RapeMe


Berbekal goresan sarkastik serta isu yang membuat mereka resah, unit rock asal Depok bernama RapeMe rencananya akan melepas album berjudul Mata Hati Jiwa pada Mei mendatang. Perihal mudahnya berkomentar tetapi lupa dalam melakukan intropeksi akan menjadi fokus pembicaraan dalam album ini. “Kita melihat kondisi yang menjangkit sekarang. Salah satunya ikut menyuarakan sesuatu informasi yang belum jelas kebenarannya tanpa berfikir panjang dengan tujuan hanya untuk terlihat update,” tutur Kiki yang sang vokalis/gitaris.

Salah satu materi lagu dalam album berjudul Koruptor, mencerminkan gambaran nyata yang terpampang pada ruang publik saat ini. Lagu tersebut mengandung kegeraman mereka terhadap wakil rakyat yang terkadang menyelewengkan hak-hak rakyat, namun masih bisa melambaikan tangan ke kamera seperti tak berdosa. Selain itu, yang turut menjadi perhatian mereka adalah perihal hukum yang seolah-olah tumpul keatas namun tajam kebawah.

Gambar 1. Personel RapeMe

RapeMe membawakan tema-tema tersebut dalam balutan rock era 90-an. Genre ini akhirnya membawa mereka kepada kebebasan dalam bermusik. Pemilihan genre ini bertujuan untuk merubah kecenderungan penikmat selera musik untuk menyukai genre-genre yang “apa adanya”  tanpa terpengaruh tren.


Dewasa ini mempromosikan suatu album lewat kanal musik streaming merupakan suatu hal yang lumrah, tetapi bagi RapeMe strategi pemasaran tersebut tidak dirasa cocok bagi mereka. Album yang berisikan materi 12 lagu ini nantinya hanya dapat dinikmati dalam bentuk rilisan fisik semata. Keputusan ini diambil, selain guna mendongkrak lemahnya penjualan rilisan fisik, dengan tujuan agar pendengar mereka mendapatkan esensi mendengarkan musik yang lebih baik.

・・・

Rape Me merupakan unit alternative rock asal Depok yang saat ini beranggotakan Kiki Maulana (vocal/gitar), Bobby Shandy (bass/backing vocal), Reza Nugroho (drum), Alex Wallace (lead gitar). Rencananya mereka akan melepas album perdana pada Mei 2019.

- Instagram : @rapeme1904
- Facebook : @rapeme1904
- Twitter : @rape_me1904
- YouTube : rapeme1904


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...