Ranu Pani — Kandas Lalu Hilang Kemana


Ranu Pani, sebuah proyek pop retro/psikedelik yang dimotori oleh Luthfi Maajid, merilis tunggalan ganda berjudul Kandas Lalu Hilang Kemana pada Juni tahun lalu. Dimulai sebagai sebuah proyek kamar, pria yang sempat tergabung dalam Sugar Bitter ini secara mandiri memproduksi lagunya mulai dari proses penulisan hingga sampai pada tahap mixing.

Kandas Lalu Hilang Kemana
Gambar 1. Artwork Kandas Lalu Hilang Kemana

Walaupun judulnya dapat dipadukan secara menarik, nyatanya dua buah tunggalan dari pria yang akrab disapa Upi ini memuat cerita yang berbeda. “Kandas Lalu” merupakan curahan hati Upi mengenai betapa rindunya ia terhadap teman-teman lamanya, sedangkan “Hilang Kemana” merupakan interpretasi ulang Upi terhadap cerita tentang seorang anak yang ditinggalkan ibunya tanpa sebab yang jelas yang terdapat dalam sebuah novel. Lirik-lirik tersebut disampaikan dalam bahasa Indonesia yang sederhana namun cukup indah, sehingga mudah untuk dicerna.

Ranu Pani
Gambar 2. Ranu Pani

Dari segi musik, Kandas Lalu Hilang Kemana sekilas terdengar kuno dan menjadikannya serupa dengan musik yang dimainkan oleh Naif. Namun, beberapa detail dan improvisasi yang ia selipkan dalam kedua tunggalan ini cukup memberikan ciri yang berbeda.