Amarah Tiad Hilm dalam "Fear / Loathing"


Tiad Hilm, rapper/penyanyi-penulis lagu asal Semarang, merilis single berjudul “Fear / Loathing” pada 10 Mei 2019 lalu. Single ini menyusul “FML” dan menjadi single kedua dari EP Heartbreak Radio mendatang.

Tiad Hilm - "Fear / Loathing"
Gambar 1. Tiad Hilm - "Fear / Loathing"

“Fear / Loathing” memuat campur aduknya perasaan sedih, kalut, dan gelisah yang dialami oleh Tiad saat ia pertama kali mendengar kabar bahwa pasangannya telah berselingkuh dengan sahabatnya sendiri. Melalui lagu ini, Tiad ingin secara tepat menangkap apa yang ia rasakan dan mencoba untuk memposisikan dirinya sebagai pasangannya dan juga sahabatnya sendiri walaupun masih diselimuti sisa-sisa amarah. Cosmicburp dan Moe Hummid yang hadir pada bagian kedua turut membantu Tiad untuk lebih jelas menyampaikan maksudnya tersebut.

“Saat menulis lagu ini, saya sedang merasakan amarah yang memuncak saat diselingkuhi oleh pasangan saya. Walaupun terdengar klise, saya percaya bahwa menulis lagu mampu menyalurkan amarah yang sedang saya rasakan dengan baik, alih-alih menyalahgunakan sesuatu seperti obat penenang atau melukai diri sendiri. Meskipun ada banyak cara, dan saya tidak mau membenarkan atau menyalahkan, tetapi menulis lagu adalah cara terbaik untuk saya sendiri,” tutur Tiad mengenai latar belakang terciptanya “Fear / Loathing”.

Tiad Hilm
Gambar 2. Tiad Hilm

“Fear / Loathing” dikerjakan mulai minggu kedua Februari 2019 dan memakan waktu produksi selama kurang lebih satu minggu. Single ini diproduseri oleh Cosmicburp, sedangkan proses mixing dan mastering masing-masing dilakukan oleh Luthfi Adianto dan Pitra Prabovo. Guna melengkapi materi audio tersebut, Kukuh Mujiono sebagai ilustrator dan Tiad sendiri sebagai desainer grafis bekerjasama untuk mengerjakan artwork single ini.


・・・

Tiad Hilm merupakan seorang penyanyi-penulis lagu dan salah satu co-founder dari kolektif HILLS.. Kanye West, Run The Jewels, Frank Ocean, Childish Gambino, hingga Bam Mastro merupakan artist yang banyak mempengaruhi musiknya. Dari berbagai pengaruh tersebut, Tiad Hilm memberikan sentuhan personal dalam penulisan lirik, penggunaan nada-nada yang cenderung kontemporer, dan penggunaan detail-detail tertentu.

+62-8572-6627-266 | Surel