Playlist: Susur Sukma


Playlist: Susur Sukma

Pada suatu titik saat menjalani rutinitas sehari-hari, beberapa orang menyadari bahwa ada suatu hal yang terasa hilang hadirnya. Seketika itu pula, kegiatan yang telah berulang kali dilakukan tanpa beban mulai tak lagi terasa nyaman. Saat akhirnya menelusur jauh ke dalam diri, pada tepinya akan ditemukan suatu sosok yang sebenarnya selalu dirindukan: rumah.

Merindukan rumah bukan berarti merindukan sebuah bangunan yang dapat memayungi raga, melainkan merindukannya sebagai sebuah naungan yang dapat meneduhi jiwa. Maka, tak jarang betapapun sulitnya usaha yang harus dilakukan guna menjangkaunya, beberapa orang akan selalu berlari ke arahnya menghampiri baju-baju usang yang tetap nyaman digunakan, selimut kumal yang dapat terus mendekap dengan hangat, dan tentunya jiwa-jiwa yang selalu saling menantikan kehadiran satu sama lain.

Libur pada hari raya Idul Fitri selalu menjadi libur yang paling panjang dalam tiap tahun, setidaknya bagi mereka yang harus bergelut dengan dunia selama 9 jam pada tiap hari kerja. Oleh karena itu, libur panjang ini umumnya akan dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk menempuh jalan pulang demi mengobati kerinduan mereka akan sosok rumah. Guna menemani perjalanan pulang tersebut, redaksi suaka suara menyusun sebuah daftar putar yang memuat beberapa lagu mengenai rumah serta kerinduan terhadapnya.

Berikut adalah daftar putar tersebut.