Rajakelana Rilis Video Lirik "Culas"


Setelah sebelumnya dirilis dalam format CD dan kaset pada 21 Oktober 2018 lalu, EP berjudul Bahadur dari Rajakelana kini telah dapat didengarkan melalui beberapa layanan streaming musik. Sebagai salam perkenalan untuk EP Bahadur, Rajakelana juga merilis video lirik untuk “Culas” yang menempati nomor ketiga dalam EP tersebut.
Video lirik untuk “Culas” dibuat oleh Fahman Fauzi selaku seniman animasi, sedangkan artwork yang digunakan di dalamnya dibuat oleh Lana Syahbani. Dalam video lirik tersebut, Lana Syahbani masih menggunakan tema surealis yang juga ia gunakan dalam pembuatan artwork untuk EP Bahadur.

Dalam “Culas” Rajakelana tidak hanya bermaksud untuk mengkritik suatu subjek perorangan, namun mereka juga bermaksud untuk menjadi gambaran bahwa setiap manusia selalu memiliki sisi buruk. Oleh karena itu, melalui lagu stoner rock dengan balutan nuansa timur tengah ini, Rajakelana bermaksud mengajak para pendengarnya untuk mawas diri.

Poster Promosional Perilisan Digital EP Bahadur
Gambar 1. Poster Promosional Perilisan Digital EP Bahadur

Sebelum merilis video lirik untuk “Culas”, Rajakelana memperdengarkan lagu ini kepada beberapa musisi lain. Beberapa musisi yang meliputi Rekti Yoewono (The S.I.G.I.T/Mooner), Eka Annash (The Brandals), Anto Arief (70’s OC), Surya Kuya & Bagus Gogon (The Panturas), Reyhan & Alief (Erratic Moody), serta Pras (solois folk) tersebut kemudian memberikan komentar mereka mengenai lagu ini.

・・・

Rajakelana merupakan sebuah unit rock yang saat ini berisi Teguh Rama (vokal/harmonika), Azi Akhbar (gitar), Daniel Yedija (bass), Naufal Jordie (drum), serta Srikandi Herbatari (live member vocal).